JudulPENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS HYPERDOCS PADA PEMBELAJARAN PJBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMA |
Nama: YULINA CHRISTIEN MOROKUHI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berpengaruh terhadap pendidikan. Namun, keterbatasan media interaktif menjadi salah satu hambatan dalam meningkatkan keterampilan abad 21. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul ajar berbasis hyperdocs pada pembelajaran PjBL yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampian berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa SMA. Jenis penelitian R&D menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas X berjumlah 30 orang. Analisis data yang digunakan paired T- dengan aplikasi SPSS. Instrument yang digunakan lembar validasi, soal essay untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukan modul ajar berada pada kategori layak dengan tingkat vaiditas 77.91% (valid), kepraktisan oleh guru 97.22% (sangat praktis), kepraktisan oleh siswa 88,43% (sangat praktis), dan efektifitas 1.174 (efek besar). Implementasi modul meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan nilai 3.69, keterampilan kolaborsi kelompok dengan nilai 11.733, dan keterampilan kolaborasi individu sebesar 1.985 semuanya dalam kategori efek besar. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa modul ajar berbasis hyperdocs dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi siswa. |