JudulPENGEMBANGAN E-MODUL ANTHROPOGENIC CLIMATE CHANGE BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KRITIS |
Nama: MUSDALIFA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Musdalifa, 2025. “Pengembangan e-modul anthropogenic climate change berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kritis”. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana Universotas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing: Darsikin, Anggota Tim Pembimbing: Sahrul Saehana. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul anthropogenic climate change berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kritis peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang melibatkan lima fase: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Toltioli yang berjumlah 28 orang di MAN Tolitoli. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket kepraktisan, dan tes pretest dan posttest untuk melihat efektivitas modul yang dilengkapi dengan lembar observasi untuk melihat keterampilan berpikir kreatif dan kritis peserta didik. Hasil validasi menunjukkan tingkat kevalidan e-modul mendapatkan skor 86?ngan interpretasi valid Kepraktisan e-modul mendapat skor 93?ngan kategori sangat valid. Sedangkan efektivitas e-modul menunjukkan nilai dengan kriteria dan effect size untuk keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis adalah 86?ngan kategori valid. Hasil Penelitian membuktikan bahwa e-modul anthropogenic climate change berbasis android dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kritis. |