JudulPENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MTs NEGERI 1 PALU |
Nama: RINI OKTAVIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis STEM yang valid dan praktis dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan kreativitas peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di MTs Negeri 1 Palu. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi menunjukkan e-modul memperoleh kategori valid dengan persentase 82% oleh ahli materi dan 76,25% oleh ahli media. Penilaian kepraktisan menunjukkan kategori sangat praktis berdasarkan respon guru (86%) dan peserta didik (92%). Implementasi e-modul terbukti efektif meningkatkan keterampilan komunikasi, yang ditunjukkan oleh kenaikan skor dari 62% menjadi 89?ngan nilai efek size Cohen’s d sebesar 1,99. Keterampilan kreativitas juga meningkat dari 59% menjadi 93%, dengan efek size sebesar 1,95. Selain itu, e-modul ini dilengkapi dengan fitur QR Code yang menghubungkan peserta didik ke sumber belajar digital tambahan seperti video eksperimen, simulasi, dan materi pendalaman. Fitur ini memperkuat interaktivitas modul, meningkatkan motivasi belajar, dan mendukung pencapaian keterampilan abad 21. Temuan ini membuktikan bahwa e-modul IPA berbasis STEM layak digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu mendukung penguasaan materi secara interaktif, sekaligus mengembangkan keterampilan komunikasi dan kreativitas peserta didik secara signifikan. |