JudulPengembangan E-modul Ajar Energi Terbarukan Bermuatan Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Siswa |
Nama: AZIZAH. S. PAIRUNAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat menuntut dunia pendidikan untuk beradaptasi dengan berbagai inovasi, salah satunya melalui pemanfaatan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran. Namun, kenyataannya pembelajaran di sekolah masih banyak yang menggunakan bahan ajar konvensional yang kurang interaktif, sehingga belum optimal dalam meningkatkan keterampilan abad 21, khususnya keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul ajar bermuatan artificial intelligence yang layak dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed methods) dengan desain embedded experimental model, yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap pendahuluan, desain, pengembangan, dan interprestasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 sigi yang berjumlah 60 orang siswa. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, tes asesmen kognitif (berfungsi sebagai pretest dan posttest), lembar observasi keterampilan komunikasi siswa dan lembar observasi aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran, serta pedoman wawancara setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan e-modul ajar bermuatan artificial intelligence efektif dan layak untuk digunakan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi siswa. Kata Kunci: Artificial Intelligence, E-Modul Ajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi |