JudulPENGEMBANGAN E-MODUL AJAR BARBASIS MASALAH MENGGUNAKAN PLATFORM HTML 5 PACKAGE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAS GKST IMANUEL PALU |
Nama: YUNIARTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan salah satunya adalah penggunaan e-modul ajar sebagai pengganti modul cetak konvensional. Namun masih terdapat kendala yang perlu diatasi dalam proses pemecahan masalah oleh siswa, terutama pada kurangnya partisipasi dalam diskusi dan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul ajar berbasis masalah menggunakan platform HTML 5 package pada mata pelajaran biologi, menghasilkan e-modul ajar yang layak digunakan dan menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi pada siswa dalam penerapannya. Penelitian ini termasuk dalam kategori Research and Development (R&D) menggunakan model 4D. Sampel pada penelitian berjumlah 30 siswa kelas X dengan pengambilan sampel melalui purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes essai kemampuan berpikir kritis sebanyak 5 soal dan lembar observasi keterampilan kolaborasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji Normalized Gain. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa e-modul ajar menggunakan platform HTML 5 package dapat menjadi solusi inovatif dalam mendukung pembelajaran Biologi yang lebih menarik dan efektif. Kelayakan e-modul ajar menunjukkan kategori layak dari tingkat valid 73,46 ?ngan kategori layak, tingkat kepraktisan e-modul ajar oleh guru 88,57% kategori praktis, tingkat keparaktisan oleh siswa 82,7 % kategori sangat praktis dan tingkat efektifitas 0,80 kategori tinggi. Penerapannya meningkatkan ketarampilan berpikir kritis dan kolaborasi pada siswa secara berurut-turut yaitu 81,64?n 91,31 % kategori sangat efektif. Kata Kunci : Pengembangan E-modul Ajar, Platform HTML 5 Package, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Kolaborasi |