JudulPENGEMBANGAN E-MODUL AJAR TERINTEGRASI PBLRQA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNITIF SISWA DI SMAS GKST IMANUEL PALU |
Nama: NI GUSTI KETUT MASMIRAYANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ni Gusti Ketut Masmirayani, 2025. Pengembangan e-Modul Ajar Terintegrasi PBLRQA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Metakognitif Siswa di SMAS GKST Imanuel Palu. Tesis, Program Studi Pendidikan IPA, Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako, Pembimbing Utama: Sutrisnawati, Pembimbing Anggota: Mursito S. Bialangi. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran masih belum optimal, rendahnya keterampilan berpikir kritis dan metakognitif siswa di SMAS GKST Imanuel Palu menghambat efektivitas proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul ajar terintegrasi Problem Based Learning and Reading Questioning Answering (PBLRQA) guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan metakognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas X, dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi, soal esai untuk mengukur keterampilan berpikir kritis, serta lembar observasi untuk menilai keterampilan metakognitif. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul ajar yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan sebesar 82,73?lam kategori sangat baik. Uji efektivitas e-modul ajar menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan nilai N-Gain keterampilan berpikir kritis sebesar 0,81 dan keterampilan metakognitif sebesar 0,85, yang keduanya masuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa e-modul ajar terintegrasi PBLRQA efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan metakognitif siswa, sehingga menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran biologi yang lebih interaktif dan relevan di era digital. Kata Kunci: E-Modul Ajar, PBLRQA, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Metakognitif |