Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN MODULAJAR PROBLEM BASED LEARNING READING QUESTIONING AND ANSWERING (PBLRQA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SAINS SISWA SMA NEGERI 7 PALU
Nama: FADLUN FADILAWATI LOUTO
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Palu tahun ajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini mengembangankan modul ajar PBLRQA pada materi virus di SMA Negeri 7 Palu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan keterampilan komunikasi sains siswa. JPenelitian ini termasuk penelitian jenis R&D dengan model penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu : Define, Design, Development, Disseminate. Subjek penelitian ini siswa kelas X yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian secara garis besar modul ajar PBLRQA yang telah dikembangkan berada pada kategori layak untuk digunakan. Hal ini ditujunkan dengan rata-rata hasil validasi ahli terhadap modul ajar PBLRQA diperoleh nilai 87?ngan kriteria sangat baik, serta kefektifan modul ajar PBLRQA diperoleh nilai 83.91?ektif. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh nilai N-gain 0,83 dengan kriteria tinggi, sedangkan keterampilan komunikasi sains diperoleh nilai N-gain 82,31?ngan kriteria sangat terampil. Hal ini mengindikasikanbahwa modul ajar PBLRQA efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi sains siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up