JudulPENGEMBANGAN MODULAJAR PROBLEM BASED LEARNING READING QUESTIONING AND ANSWERING (PBLRQA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SAINS SISWA SMA NEGERI 7 PALU |
Nama: FADLUN FADILAWATI LOUTO |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Palu tahun ajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini mengembangankan modul ajar PBLRQA pada materi virus di SMA Negeri 7 Palu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan keterampilan komunikasi sains siswa. JPenelitian ini termasuk penelitian jenis R&D dengan model penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu : Define, Design, Development, Disseminate. Subjek penelitian ini siswa kelas X yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian secara garis besar modul ajar PBLRQA yang telah dikembangkan berada pada kategori layak untuk digunakan. Hal ini ditujunkan dengan rata-rata hasil validasi ahli terhadap modul ajar PBLRQA diperoleh nilai 87?ngan kriteria sangat baik, serta kefektifan modul ajar PBLRQA diperoleh nilai 83.91?ektif. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh nilai N-gain 0,83 dengan kriteria tinggi, sedangkan keterampilan komunikasi sains diperoleh nilai N-gain 82,31?ngan kriteria sangat terampil. Hal ini mengindikasikanbahwa modul ajar PBLRQA efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi sains siswa |