JudulPENGEMBANGAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 WITAPONDA |
Nama: HAJAR |
Tahun: 2024 |
Abstrak Hajar, 2024. “Pengembangan modul ajar berdiferensiasi pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik smp negeri 4 witaponda”. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains Program Megister, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing Mery Napitulu, Anggota Tim Pembimbing I Nengah Kundera. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Witaponda tahun pelajaran 2023/2024. Tujuan Penelitian menghasilkan modul ajar berdiferensiasi untuk meingkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pengembangan modul ajar berdiferensiasi ini termasuk penelitian pengembangan Research and Development (R & D) yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima fase yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 27 orang. Hasil penelitian secara garis besar modul ajar berdiferensiasi yang telah dikembangkan berada pada kategori layak untuk digunakan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil validasi ahli terhadap modul ajar berdiferensiasi diperoleh nilai 89,58 ?ngan kriteria sangat valid, hasil angket kepraktisan menggunakan angket respon guru diperoleh nilai 92,01?ngan kriteria sangat praktis, serta kefektifan modul ajar diperoleh nilai effect size sebesar 0,82, dengan kriteria efek sangat besar. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh nilai N-gain persentase 78,83 ?ngan kriteria efektif. Hal ini mengindikasikan bahwa modul ajar berdiferensiasi efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Modul ajar, berdiferensiasi, klasifikasi, keterampilan berpikir kritis |