JudulPengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Menui Satap. |
Nama: SITI ARFAH DAUD |
Tahun: 2024 |
Abstrak Siti Arfah Daud, A 202 22 028, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Menui Satap. Mohammad Jamhari dan Lilies N.Tangge Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D dengan menerapkan Model ADDIE yang terdiri dari lima tahap utama: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas perangkat pembelajaran berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik di SMPN 7 Menui Satap. Metode pengumpulan data meliputi observasi, tes keterampilan berpikir kritis, dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan kolaborasi. Instrumen penelitian mencakup tes, lembar penilaian, rubrik, serta lembar validasi RPP dan LKPD berbasis PBL. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tersebut sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis (N-gain 83,27%) dan kolaborasi (N-gain 85,80%), dengan validitas yang tinggi (86,43%) dan tingkat kepraktisan yang baik (96,50% oleh guru, 90,97% oleh peserta didik). Kesimpulannya, perangkat pembelajaran ini memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik |