JudulPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BUNGKU |
Nama: SRY ARIYANTI A. MUTHALIB |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sry Ariyanti A. Muthalib, A 202 22 026, Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bungku. Nurasyah Dewi Napitupulu dan Muslimin. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan literasi lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bungku. Sebagai penelitian pengembangan (Research and Development), penelitian ini menghasilkan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis discovery Learning untuk materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII, khususnya kelas VII A, dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Bungku pada semester genap bulan April hingga selesai. Variabel yang diteliti mencakup LKPD, model pembelajaran discovery learning, keterampilan proses sains, dan literasi lingkungan. Data dikumpulkan melalui angket validasi, observasi keterampilan proses sains, dan tes tertulis literasi lingkungan sebelum dan sesudah pembelajaran. Analisis data menunjukkan validitas LKPD dengan persentase 88% (valid) dari dosen ahli, kepraktisan dengan skor rata-rata 4,45 (sangat praktis) secara individu, kepraktisan dengan skor rata-rata 4,33 (sangat praktis) secara kelompok kecil dan skor rata-rata 4,43 (sangat praktis) dari respon guru, lembar angket keterampilan proses sains sebesar 86% (baik), dan soal literasi lingkungan sebesar 88% (sangat baik). Uji N-Gain yang menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains dan literasi lingkungan, dengan N-Gain keterampilan proses sains rata-rata sebesar 0,60 (sedang) secara keseluruhan dan N-gain literasi lingkungan rata-rata sebesar 0,35 (sedang). Efektivitas melalui effect size Cohen, nilai effect size literasi lingkungan sebesar 0,47 (sedang), LKPD berbasis discovery learning ini valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran. Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Literasi Lingkungan, Model Discovery Learning. |