JudulPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 BUNGKU TIMUR |
Nama: MARIAM |
Tahun: 2025 |
Abstrak Mariam, A 202 22 024, Pengembangan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMP Negeri 1 Bungku Timur. Achmad Ramdhan dan Sutrisnawati. Penelitian ini bertujuan untuk mengevalusi pengembangan dan kelayakan (Kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) di SMP Negeri 1 Bungku Timur. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengumpulan data kuantitatif melalui uji validasi LKPD. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes.Validitas LKPD divalidasi oleh ahli media dan ahli isi untuk mengetahui peningkatan ketrampilan kolaborasi dan berpikir kreatif di uji dengan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis PjBL layak, digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : LKPD, Project Based Learning, , Keterampilan Kolaborasi, Berpikir Kreatif |