JudulPENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 1 BUNGKU SELATAN |
Nama: YAYU MUSPIRAD |
Tahun: 2024 |
Abstrak Yayu Muspirad, A202 22 017, Pengembangan E-LKPD Interaktif Menggunakan Model ADDIE Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Bungku Selatan. Darsikin dan Kasmudin Mustapa Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menyelidiki berbagai aspek dari E-LKPD Interaktif menggunakan model ADDIE di SMPN 1 Bungku Selatan. Fokus utama penelitian mencakup validitas, praktisitas, efektivitas terhadap keterampilan proses sains serta motivasi belajar siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan tes, dengan validitas produk diukur menggunakan rerata skor dari lembar validasi, kepraktisan dievaluasi melalui lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan angket siswa, efektivitas diukur dengan N-gain dari pretest dan postest, dan motivasi belajar siswa dinilai dengan angket tertutup yang dikonversikan menjadi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD Interaktif yang dikembangkan menggunakan model ADDIE terbukti layak digunakan dalam pembelajaran. Dari kevalidan, produk memperoleh tingkat kelayakan rata-rata 3,74, dengan kategori "valid". Penilaian keterlaksanaan aktivitas guru menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap produk ini menunjukkan skor rata-rata 3,60, yang menandakan bahwa produk ini praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Secara efektivitas, E-LKPD Interaktif berhasil signifikan meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan N-gain mencapai 75,44%, diklasifikasikan sebagai "efektif". Penggunaan E-LKPD Interaktif ini juga berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa dilihat dari persentase rata-rata motivasi belajar awal 60,66?n setelah dilakukan pembelajaran menggunakan E-LKPD Interaktif diperoleh motivasi belajar pertemuan pertama dengan persentase rata-rata 77,29%, pertemuan kedua 88,11%, dan pertemuan ketiga 94,09%. Sehingga pengembangan E-LKPD Interaktif dengan model ADDIE efektif dalam menghasilkan produk pembelajaran yang tidak hanya valid secara akademis, tetapi juga praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar serta motivasi belajar siswa di SMPN 1 Bungku Selatan. Kata Kunci : E-LKPD, Model ADDIE, Keterampilan Proses Sains, Motivasi Belajar |