JudulPengembangan LKPD Digital Berbantuan Liverworksheet Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMPN 2 Bungku Selatan. |
Nama: AYU ANGGASARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ayu Anggasari, A 202 22 015, Pengembangan LKPD Digital berbantuan Liveworksheet terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMP Negeri 2 Bungku Selatan. I Nengah Kundera dan Lilis N. Tangge. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD digital berbantuan liveworksheet terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dinilai dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX B di SMP Negeri 2 Bungku Selatan. Validasi skor keseluruhan dari validator menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 90%, yang keduanya termasuk dalam kategori valid. Respon guru dan peserta didik terhadap LKPD digital sebesar 95% untuk guru sedangkan angket respon peserta didik sebesar 87,21%, keduanya masuk dalam kategori sangat praktis. Keefektifan produk LKPD digital dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah diukur dengan nilai skor rata-rata N-gain. skor N-gain pada keterampilan berpikir kritis memperoleh keseluruhan skor sebesar 0,56, berada pada kategori sedang, sedangkan nilai N-gain pada kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,56 juga masuk kategori sedang sehingga dengan nilai tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD digital cukup efektif dan dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Hasil ini mengindikasikan bahwa LKPD digital berbantuan liveworksheet valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : LKPD Digital, Model Addie, Keterampilan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah. |