Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Modul Digital Berbasis Socio-Scientific Issues Materi Bumi Dan Tata Surya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Sains Siswa
Nama: HIJRIAH
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melihat efektifitas modul digital berbasis socio-scientific issues pada materi bumi dan tata surya terhadap keterampilan berpikir kritis dan komunikasi sains siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan desain instruksional 4D. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMPN Model Terpadu Madani dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital berbasis socio-scientific issues yang dikembangkan memperoleh nilai persentase sebesar 85,53?ngan kategori sangan valid. Efektivitas modul digital berbasis socio-scientific issues dikategorikan sedang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan nilai n-gain sebesar 0,6691 dan keterampilan komunikasi sains dengan nilai n-gain sebesar 0,6863. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, modul digital berbasis socio-scientific issues dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi sains siswa pada pembelajaran IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up