JudulPEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MASALAH BERBANTUAN APLIKASI PADLET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI |
Nama: YUNI MASYITA DEWI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi penting dimiliki peserta didik untuk menghadapi tantangan di abad 21. Namun saat ini masih banyak siswa yang kurang memiliki Kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi sehingga berdampak pada tujuan pembelajaran yang tidak tercapai secara maksimal. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran biologi berbasis masalah berbantuan aplikasi padlet terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi. siswa kelas X di MAN 1 Kota Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent control design. Populasi penelitian berjumlah 120 siswa yang terdiri dari empat kelas. Sampel yang diteliti sama dengan populasi penelitian. Pengambilan sampel ini dilakukan melalui teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes essay kemampuan berpikir kritis sebanyak 10 soal dan lembar observasi keterampilan kolaborasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji Anova dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data Sig < ? yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 di tolak dan H1 diterima dengan demikian terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Padlet terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Kolaborasi, Padlet, Problem Based Learning |