Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 6 PALU
Nama: ALMIRA RAYYAH SHADRIAH FAHRU
Tahun: 2024
Abstrak
Kemampuan berpikir kreatif dan kolaboratif siswa yang relatif rendah karena suasana pembelajaran yang kurang interaktif dan belum ada variasi penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-modul interaktif berbasis flip pdf professional yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaboratif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (define, design, develop dan disseminate). Subjek penelitian yaitu dua dosen validator ahli, guru mata pelajaran biologi di SMAN 6 Palu dan 27 siswa SMAN 6 Palu untuk uji coba produk. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan tes. Data dianalisis secara deskripstif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk E-modul interaktif berbasis flip pdf professional katagori valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 6 Palu. Produk E-modul yang dikembangkan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan peningkatan N-gain kategori sedang dan keterampilan kolaboratif siswa memperoleh nilai sebesar 82,7%, dengan kategori sangat kolaboratif. Penelitian ini berimplikasi pada E-modul interaktif berbasis flip pdf professional yang dikembangkan dapat dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga membantu siswa dalam belajar mandiri. Kata Kunci: E-Modul, Flip Pdf Professional, Kreatif, Kolaboratif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up