JudulPENGEMBANGAN E-MODUL IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE NESTED UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KECERDASAN EKOLOGIS |
Nama: I KOMANG AGUS BIRAWANTARA |
Tahun: 2025 |
Abstrak I Komang Agus Birawantara, 2025. Pengembangan e-modul IPAS menggunakan model pembelajaran terpadu tipe nested untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kecerdasan ekologis. Tesis, Palu: Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Tadulako Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan e-modul IPAS menggunakan model pembelajaran terpadu tipe nested dan menguji efektifitasnya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kecerdasan ekologis siswa. Penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan mengadopsi lima tahap model ADDIE (analyze, design, development, implement, dan evaluate). Subjek penelitian adalah siswa SMK dimana kelas X-A TKJ (kelas eksperimen) berjumlah 31 orang dan siswa kelas X-B TKJ (kelas kontrol) berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian berupa lembar validasi produk e-modul, angket respon siswa terhadap e-modul, tes keterampilan berpikir kritis dan kecerdasan ekologis. Hasil penelitian menunjukkan produk e-modul IPAS menggunakan model pembelajaran terpadu tipe nested sangat layak digunakan dengan rata-rata nilai sebesar 94% kategori “sangat valid”. Hasil implementasi produk melalui respon siswa menunjukkan e-modul IPAS sangat baik digunakan, dengan nilai rata-rata 91,6%. Efektivitas produk e-modul dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis diperoleh efek size sebesar 0,8 dengan kategori efek sangat besar, dan efek size meningkatkan kecerdasan ekologis diperoleh 0,71 dengan kategori efek sedang. Disimpulkan bahwa e-modul IPAS menggunakan model pembelajaran terpadu tipe nested yang dikembangkan sangat layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kecerdasan ekologis siswa SMK Negeri 1 Sojol Utara. Kata Kunci : e-modul IPAS, pembelajaran terpadu, tipe nested, model ADDIE, keterampilan berpikir kritis, kecerdasan ekologis. |