Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS LINGKUNGAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA SMAN 1 PALU
Nama: RISKY MBAYOWO
Tahun: 2025
Abstrak
Risky Mbayowo, 2024. Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Berbasis Lingkungan dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Fisika Siswa SMAN 1 Palu. Tesis, Program studi pendidikan sains, Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing: Marungkil Pasaribu dan Anggota Tim Pembimbing: Nurasyah Dewi Napitupulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PJBL) Berbasis Lingkungan terhadap keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran fisika siswa SMAN 1 Palu, Pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran fisika siswa SMAN 1 Palu dan pengaruh interaksi model Project Based Learning (PJBL) Berbasis Lingkungan dan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran fisika siswa SMAN 1 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMAN 1 Palu pada kelas XI IPA semester genap dengan mengambil sampel dua kelas sebagai kelas eksperimen dan dua kelas sebagai kelas kontrol dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berpikir kreatif dan melalui angket motivasi belajar. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, dengan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian dengan uji ANOVA dua arah menunjukkan: (1). Terdapat pengaruh model project based learning (PjBL) berbasis lingkungan terhadap keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran fisika siswa SMAN 1 Palu hal ini dapat dibuktikan dengan nilai sig.0.000 < 0.05 (2). Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran fisika siswa SMAN 1 Palu. Hal ini dapat dibuktikan dari nilainya dari sig.= 0,000 < 0,05. (3). Terdapat pengaruh interaksi antara model Project Based learning (PjBL) berbasis lingkungan dan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran fisika siswa SMA N 1 Palu. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. untuk model pembelajaran dan motivasi belajar 0,001 < 0,05. ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up