JudulPENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI TERHADAP LITERASI SAINS DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES TOBOLI MATERI PERISTIWA ALAM |
Nama: ROSLINA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ROSLINA, (2024). Pengaruh strategi pembelajaran berdeferensiasi terhadap literasi sains dan minat belajar siswa kelas v sd inpres toboli materi peristiwa alam.Pembimbing (1) Jamaluddin M. Sakung dan pembimbing (2) Unggul wahyono. Program Studi Pendidikan Sains, Program Magister, pascasarjana, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran berdeferensiasi terhadap literasi sains dan minat belajar melaui ekperimen pada pembelajaran IPA peserta didik kelas V SD Sekecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Sekecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong. Sampelnya adalah peserta didik kelas V SDN Inti Pangi sebagai kelas kontrol dan kelas V SD Inpres 1Toboli sebagai kelas eksperimen. Jumlah peserta didik 56 yang tersebar pada kelas V SDN Inti Pangi dan Kelas V SD Inpres 1 Toboli. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik tes essay dan juga teknik non tes berupa observasi keterampilan proses sains dan minat siswa. Data diolah dan dianalisis dengan cara dihitung persentase kemampuan literasi sains dan minat peserta didik pada masing-masing indikator literasi sains dan minat. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-test diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi sains dan Minat siswa berdasarkan hasil analisis data nilai siswa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu nilai rata-rata pretest kelas kontrol untuk kemampuan Literasi sains 64,07 dan nilai postest 79,50. Selanjutnya nilai rata-rata pretest kelas eksperimen untuk kemampuan literasi sains 68,54 dan nilai postest 81,39. Dari hasil tersebut terlihat perbedaan rata-rata nilai pretes dan postest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas Kontrol.ini menunjukan adanya pengaruh Strategi pembelajaran berdeferensiasi terhadap literasi sains dan minat belajar peserta didik berdasarkan taraf signifikansi >0,05. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Berdeferensiasi, Literasi Sains dan Minat |