JudulPENGEMBANGAN E-LKPD BERKARAKTERISTIK MODEL PBL TERINTEGRASI KETERAMPILAN ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA |
Nama: NURAISA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nuraisa. A20221022. 2021. Pengembangan E-LKPD Berkarateristik Model PBL Terintegrasi Keterampilan Abad 21 untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pembimbing (1) Muslimin dan Pembimbing (2) Sahrul Saehana. Program Studi Pendidikan Sains, Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-lkpd berkarateristik model PBL terintegrasi keterampilan abad 21 yang efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development), dengan model pengembangan ADDIE. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII A di SMPN 4 Tanantovea. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan uji kelayakan e-lkpd melalui pengisian angket oleh peserta didik, tes pilihan ganda untuk mengukur keterampilan proses sains dan tes essay untuk mengukur keterampilan berpikir kritis yang diberikan masing-masing sebanyak dua kali, yaitu sebelum pembelajaran (pretest) dan setelah pembelajaran (posttest). Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan aplikasi statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan e-lkpd berkategori sangat layak dengan skor 93%. Efektifitas e-lkpd pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik berkategori sangat besar dengan effect size d cohen 2,61 serta keterampilan berpikir kritis juga masuk kategori sangat besar dengan effect size d cohen 5,84. Berdasarkan hasil penelitian tersebut e-lkpd berkarateristik model PBL terintegrasi keterampilan abad 21 layak digunakan. Kata kunci: E-lkpd, PBL (Problem Based Learning), Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Berpikir Kritis. |