Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPA SMP NEGERI 18 PALU
Nama: NURWAHIDA M PIDE
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian yang berjudul “analisis penerapan pembelajaran berdeferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA SMP Negeri 18 Palu”. Tujuan penelitian untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Berdeferensiasi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP18 Palu, menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Berdeferensiasi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP 18 Palu. Fokus penelitian ini adalah menganalisis fenomena penerapan model pembelajaran tersebut oleh guru. Subjek penelitian melibatkan 3 Guru dan 3 kelas VIII dengan total 71 peserta didik 36 Pria dan 35 Wanita di SMP Negeri 18 Palu. Sumber data terdiri dari data primer (observasi, wawancara, dan asesment) dan data sekunder (diperoleh dari buku, jurnal, dan sumber lain). Instrumen penelitian melibatkan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman asesmen. Penelitian kualitatif awalnya menggunakan peneliti sebagai instrumen, namun instrumen kemudian dikembangkan setelah permasalahan jelas. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 18 Palu pada tahun pelajaran 2022/2023. Sampel terdiri dari 71 peserta didik kelas VIII. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi, dan penilaian formatif. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran berdiferensiasi. Adapun hasil penelitian berdasarkan nilai rata-rata observasi guru dan siswa kelas VIII A,B, dan C indikator pemahaman pembelajaran berdiferensiasi guru 94%, kondisi pembelajaran yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru 85?n siswa 78%, pengecekan kelas berdiferensiasi guru 89%, diferensiasi isi guru 85?n siswa 75%, diferensiasi proses guru 83?n siswa 73%, diferensiasi produk guru 83?n siswa 74%, diferensiasi dalam lingkungan belajar guru 79?n siswa 73%, prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi guru 91?n siswa 77%, penerapan pembelajaran berdiferensiasi guru 98%, kesiapan siswa melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi guru 94?n siswa 72%, minat siswa melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi guru 92?n siwa 71%, pilihan belajar siswa melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi guru 78?n siswa 70%, kemampuan guru merancang pembelajaran berdiferensiasi guru 94?n siswa 76%, pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi guru 88?n siswa 73%, penilaian buku panduan pembelajaran berdiferensiasi guru 95%. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut maka penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA materi peredaran darah di SMP Negeri 18 Palu guru telah melaksanakan dengan baik berdasarkan indikator pembelajaran berdiferensiasi, Walaupun respon siswa menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi berada pada kategori cukup hal ini dikarenakan materi sistem peredaran darah bagi sebagian siswa merasa bosan pada saat pembelajaran, sehingga siswa kesulitan mengurutkan dan membedakan sistem peredaran darah besar dan darah kecil, Namun ada sebagian siswa merasa antusias dengan pembelajaran berdiferensiasi yang diberikan oleh guru. kata kunci : pembelajaran berdeferensiasi, kurikulum merdeka

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up