JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI INFORMASI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMAN 4 SIGI |
Nama: MINARNI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Minarni. A20221019. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Teknologi Informasi Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMAN 4 Sigi. Pembimbing (1) I Nengah Kundera dan pembimbing (2) Lilies Tangge. Program Studi Pendidikan Sains, Program Magister, Pascasarjana, Univeritas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Case Based Learning terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan teknologi informasi siswa dalam pembelajaran ekosistem di SMAN 4 Sigi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 4 Sigi tahun ajaran 2023-2024 yang tersebar dalam tiga kelas dengan jumlah siswa sebanyak 75 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 50 siswa terdiri dari satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes keterampilan proses sains dan lembar observasi kemampuan teknologi informasi. Hasil penelitian keterampilan proses sains menunjukkan nilai signifikansi pada kelas eksperimen sebesar 65,33 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 56,33. Hasil rata-rata kemampuan teknologi informasi siswa pada kelas eksperimen sebesar 55,36 masuk dalam kategori sedang, sedangkan kelas kontrol 51,36 masuk dalam kategori sedang. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran case based learning berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan teknologi informasi siswa pada materi ekosistem di SMAN 4 Sigi. Kata kunci: Model Pembelajaran Case Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Teknologi Informasi, Ekosistem. |