JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN LITERASI EKOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD INPRES PORAME |
Nama: AHMAD |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ahmad, A 20221016. 2024. Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Literasi Ekologi dalam Pembelajaran IPA Melalui Penggunaan Model Learning Cycle 5E Dengan Pendekatan Lingkungan pada Peserta Didik Kelas VI SD Inpres Porame. Pembimbing Utama: Nurasyah Dewi Napitupulu dan Pembimbing Anggota: Irwan Said. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan kemampuan kolaborasi melalui penggunaan model learning cycle 5E dengan pendekatan lingkungan dalam pembelajaran IPA pada peserta didik kelas VI SD Inpres Porame dan menjelaskan peningkatan kemampuan literasi ekologi dalam pembelajaran IPA Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pretesst-posttest control group design terhadap peserta didik berjumlah 17 orang yang terdiri dari 6 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model Learning Cycle (5E) berbantuan kemampuan kolaborasi dengan perolehan N-Gain Ternormalisasi mencapai 0,7 dengan kategori tinggi. (2) penggunaan model Learning Cycle (5E) berbantuan kemampuan kolaborasi terhadap kemampuan literasi aspek concern dengan perolehan N-Gain Ternormalisasi mencapai 0,6 dengan kategori tinggi, aspek attitude mencapai N Gain Ternormalisasi sebesar 0,8 dengan kategori tinggi, aspek knowledge dengan perolehan N-Gain Ternormalisasi sebesar 0,5 atau tinggi. Berdasarkan hasil capaian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle (5E) berbantuan pendekatan lingkungan dapat meningatkan kemampuan kolaborasi dan literasi ekologi dalam pembelajaran IPA kelas VI SD Inpres Porame. Kata Kunci: Kolaborasi, Literasi Ekologi, Learning Cycle 5E, dan Pendekatan Lingkungan |