JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM SD INPRES MALEI |
Nama: NUNUK HARYANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nunuk Haryanti (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem Siswa SD Inpres Malei. Tesis Pascasarjana Program S2 Pendidikan Sains Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Mery Napitupulu dan Pembimbing Anggota: Lilies N. Tangge. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aktifitas penerapan pembelajaran PjBL pada materi ekosistem untuk peningkatan kreativitas sains dan keterampilan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas V SD Inpres Malei sebanyak 22 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian one group desain pretes postes, pengumpulan data dilakukan dengan cara obervasi dan tes hasil belajar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik incidental sampling. Analisis data menggunakan SPSS 23 dengan tahapan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T (paired sampel T). Adapun hasil penelitian pada saat pretest kreativitas sains memperoleh nilai rata-rata 59,09 dan keterampilan berpikir kritis memperoleh nilai rata-rata sebesar 49,32. Pada saat posttest nilai rata-rata kreativitas sains sebesar 85,45 dan keterampilan berpikir kritis sebesar 79,09. Terdapat perbedaan peningkatan hasil pretes dan postes kreativitas sains dan keterampilan berpikir kritis. Peningkatan hasil pada kreativitas sains sebesar 26,36 dan pada keterampilan berpikir kritis sebesar 29,77. Hasil output SPSS diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,005) maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif model Project Based Learning terhadap krativitas sains dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di kelas V SD Inpres Malei. |