Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Nama: DIAN ANRIANI A. MAKUASA
Tahun: 2024
Abstrak
Dian Anriani A. Makuasa, 2024. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Project Based Learning dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Peserta Didik Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Sitti Rahmawati, Pembimbing Anggota Afadil. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas e-modul pembelajaran kimia berbasis project based learning (PjBL) dengan pendekatan STEM, menganalisis efektifitas penggunaan e-modul pembelajarann kimia berbasis project based learning (PjBL) dengan pendekatan STEM terhadap keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development), dengan model pengembangan ADDIE. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA 2 di SMAN 9 Palu. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan uji kelayakan e-modul melalui pengisian angket oleh peserta didik, tes essay untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum pembelajaran (pretest) dan setelah pembelajaran (pretest), dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan komunikasi peserta didik yang dilakukan sebanyak tiga kali sesuai jumlah pertemuan. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan aplikasi statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan e-modul berkategori sangat layak dengan skor 92%. Efektifitas e-modul pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik berkategori sangat besar dengan effect size d cohen 6,884 serta keterampilan komunikasi peserta didik setelah penggunaan e-modul pembelajaran kimia berbasis project based learning dengan pendekatan STEM pada pertemuan pertama memiliki (M = 19, % = 48%), pertemuan kedua memiliki (M = 22,36, % = 56%), dan pertemuan ketiga memiliki ( M = 30,16, % = 75%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut e modul pembelajaran kimia berbasis project based learning dengan pendekatan STEM layak digunakan. Kata kunci: E-modul, project based learning, STEM, keterampilan pemecahan masalah, keterampilan komunikasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up