JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SAINS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XII MIA SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA |
Nama: PUTRI NINGSI A. PANONTJI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan media pembelajaran video animasi terhadap keterampilan komunikasi sains dan berpikir kreatif peserta didik. Populasi dalam penelitan yaitu seluruh peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 1 Dampal Utara. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XII MIA 1 berjumlah 29 orang dan XII MIA 2 berjumlah 27 orang, sehingga total sampel adalah berjumlah 56 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian menggunakan pretest-postest Control Group Design. Data keterampilan komunikasi sains diperoleh menggunakan lembar penilaian observasi dan data keterampilan berpikir kreatif diperoleh melalui nilai pretest dan posttest. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiki keterampilan komunikasi sains secara lisan memiliki nilai rata-rata 71?ngan kategori Cukup, sedangkan pada keterampilan komunikasi sains secara tertulis memperoleh nilai 80?ngan kategori Baik. Hasil analisis data keterampilan berpikir kreatif menunjukkan nilai effect size kelas eksperimen sebesar 12,11 dan nilai effect size kelas kontrol sebesar 15,75, dengan kriteria effect size sangat besar baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan hasil pengujian paired-sampel t-Tes, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai sig (?) 0,001< 0,05, untuk kelas kontrol diperoleh nilai jika sig (?) 0,001 < 0,05. Sehingga H0 ditolak yang menyatakan bahwa (1) model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media video animasi berpengaruh positif terhadap keterampilan komunikasi sains peserta didik pada materi polimer; (2) Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media video animasi berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi polimer |