Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD OPEN- ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERTANYA PESERTA DIDIK Di SMPN 4 TANANTOVEA
Nama: ULPIANA
Tahun: 2023
Abstrak
Pembelajaran abad 21 memerlukan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan bertanya pada proses pembelajarannya. Kemampuan bertanya peserta didik dapat diukur dengan melihat kantitas dan kualitas pertanyaan, selain kemampuan bertanya terdapat juga kemampuan pemecahan masalah, salah satu cara meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan bertanya peserta didik dengan penggunaan model problem based learning (PBL). Tujuan Penelitian sebagai berikut: (1) untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan LKPD open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah di SMPN 4 Tanantovea. (2) untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan LKPD open-ended terhadap kemampuan bertanya di SMPN 4 Tanantovea. (3) untuk mengetahui hubungan kemampuan bertanya dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan menggunakan model problem based learning berbantuan LKPD open-ended diSMPN 4 Tanantovea. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di kelas VIII SMPN 4 Tanantovea. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIIIA dan VIIIB yang berjumlah 21 siswa. Penelitian menujukkan bahwa pada uji t independent tes pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah. Sedangkan pada uji independent tes postest kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat pebedaan kemampuan pemecahan masalah. Uji effect size kelas kontrol adalah 5.0 kategori tinggi dan uji effect size kelas eksperimen adalah 5,4 kategori tinggi. Kemapuan bertanya peserta didik kelas kontrol pertemuan pertama sebesar 61,9% kategori baik, pertemuan kedua 52,38% kategori cukup baik, dan pertemuan ketiga 57% kategori cukup baik. Sedangkan kemampuan bertanya kelas eksperimen pertemuan pertama sebesar 65% kategori cukup baik, pertemuan kedua 60,8% kategori baik dan pertemuan ketiga 69,5% kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa (1) Model problem based learning berbantuan LKPD open-ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah. (2) Model model problem based learning berbantuan LKPD open-ended berpengaruh terhadap kemampuan bertanya dalam ketegori baik. (3) terdapat hubungan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan bertanya peserta didik yang diajar dengan menggunakan model problem based learning berbantuan LKPD open-ended. Kata kunci: Model Problem Based Learning, LKPD Open-ended, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Bertanya.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up