JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN METODE SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK DI SMAN 9 PALU |
Nama: SURINI LAYUKAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan metode scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SMAN 9 Palu; (2) untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan metode scaffolding terhadap kemampuan komunikasi peserta didik di SMAN 9 Palu. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 di kelas X MIA SMAN 9 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 9 Palu tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 5 rombongan belajar dengan jumlah peserta didik sebanyak 157. Sampel penelitian terdiri dari kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 peserta didik yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi kemampuan komunikasi. Uji effect size penggunaan model problem based learning berbantuan metode scaffolding sebesar 5,83 sedangkan model konvensional (ceramah) 4,77 dengan selisih 1.06 (kategori tinggi). Hasil rata-rata persentase kemampuan komunikasi peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantuan metode scaffolding masuk dalam kategori sedang (skor 40-59 %) hingga tinggi (skor 60-79 %), sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional (ceramah) masuk dalam kategori kurang (skor 20-39 %) hingga sedang (skor 40-59 %) untuk persentase skor tiap aspek. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa: (1) model problem based learning berbantuan metode scaffolding berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SMAN 9 Palu; (2) model problem based learning berbantuan metode scaffolding berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi peserta didik di SMAN 9 Palu. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Metode Scaffolding, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi. |