Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulCLASSROOM MANAGEMENT E-LEARNING MADRASAH BERBANTUAN MEDIA WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTSN KOTA PALU
Nama: MOH INDRA BEMPAH
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Moh. Indra Bempah, A 202 20 016. “Classroom Management E-Learning Madrasah Berbantuan Media Whatsapp Dalam Pembelajaran Sains Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTsN Kota Palu”. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing Marungkil Pasaribu, Anggota Tim Pembimbing Supriyatman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pemanfaatan classroom management e-learning madrasah berbantuan media whatsapp dalam pembelajaran sains dan (2) hambatan yang dialami oleh guru dalam pemanfaatan classroom management e-learning madrasah berbantuan media whatsapp dalam pembelajaran sains pada masa pandemi covid-19 di MTsN kota palu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, semua data dikumpulkan berdasarkan fakta yang diperoleh dilapangan sehingga menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang yang diamati. Responden yang terlibat adalah 18 guru ipa di MTsN kota palu. Instrumen yang digunakan adalah angket sebanyak 55 pernyataan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan pemanfaatan aplikasi e-learning madrasah berbantuan media whatsapp dalam pembelajaran sains ditunjukan pada aplikasi e-learning madrasah adalah sebesar 84,63% (kategori sangat baik). media whatsapp adalah sebesar 86,67% (kategori sangat baik) dan pembelajaran sains adalah sebesar 80,37% (kategori baik). Dalam pelaksanannya, penguna aplikasi e-learning madrasah berbantuan media whatsapp dalam pembelajaran sains mengalami beberapa hambatan atau kendala yakni: membutuhkan kuota yang besar pada saat mengaksesnya, memerlukan jaringan yang stabil, ketika memori handphone penuh mempengaruhi system kerja handphone sehingga tidak maksimal, jika chat sudah banyak, maka akan cukup kesulitan karena harus menscrool lagi chat ke atas agar bisa mengikuti jalannya diskusi selama pembelajaran berlangsung. dan guru lebih mampu dalam mengaplikasikan hakekat sains sebagai produk dan sikap ilmiah dari pada sains sebagai proses. Dapat disimpulan Pemanfaatan aplikasi e-learning madrasah berbantuan media whatsapp dalam pembelajaran sains di MTsN kota palu sangat baik adapun hambatan yang di dapatkan saat proses pembelajaran daring itu sebagai bahan untuk perbaikan proses pembelajaran daring kedepanya. Kata kunci: Aplikasi E-Learning Madrasah, Media Whatsapp, Pembelajaran Sains

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up