JudulPENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KASUS (CASE BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA |
Nama: RIA DZULHIJJAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ria Dzulhijjah, 2024. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kasus (Case Based Learning) Pada Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Afadil, Pembimbing Anggota Siti Aminah.? Penelitian tentang pengembangan bahan ajar e-modul berbasis kasus Case Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-modul berbasis kasus yang valid, praktis dan efektif pada materi larutan penyangga terhadap 5 indikator keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata validitas e-modul yaitu 74?ngan kategori valid. Persentase rata-rata kepraktisan e-modul yaitu 77?ngan kategori praktis. Persentase nilai indikator keterampilan berpikir kritis pada indikator memberikan penjelasan sederhana yaitu 40% untuk pre test dengan kategori rendah meningkat jadi 85% untuk post test dengan kategori sangat tinggi, indikator membangun keterampilan dasar yaitu 23% untuk pre test dengan kategori rendah meningkat jadi 47% untuk post test dengan kategori sedang, indikator membuat kesimpulan yaitu 46% untuk pre test dengan kategori sedang meningkat jadi 86% untuk post test dengan kategori sangat tinggi, indikator memberikan penjelasan lebih lanjut yaitu 33% untuk pre test dengan kategori rendah meningkat jadi 61% untuk post test dengan kategori tinggi dan indikator menyusun strategi dan taktik yaitu 5% untuk pre test dengan kategori sangat rendah meningkat jadi 20% untuk post test dengan kategori sangat rendah. Persentase rata-rata keterampilan berpikir kritis yaitu 28% untuk pre test dengan kategori rendah meningkat jadi 58% untuk post test dengan kategori sedang. Efektivitas e-modul terhadap keterampilan berpikir kritis dengan skor effect size d cohen 2,28 pada kriteria sangat efektif. Persentase rata-rata data aktivitas siswa yaitu 76?ngan kriteria sangat baik serta persentase respon siswa yaitu 86?ngan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahan ajar e-modul berbasis kasus Case Based Learning layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: e-modul, berbasis kasus, keterampilan berpikir kritis. |