JudulKONSEPSI DAN ALUR PENALARAN SISWA SMA BERDASARKAN JENIS KELAMIN TERHADAP GERAK MELINGKAR DALAM KONTEKS BERBEDA |
Nama: STEVANY TODING |
Tahun: 2025 |
Abstrak Stevany Toding, 2024. “Konsepsi Dan Alur Penalaran Siswa SMA Berdasarkan Jenis Kelamin Terhadap Gerak Melingkar Dalam Konteks Berbeda”. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing Komang Werdhiana, Anggota Tim Pembimbing Darsikin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi dan alur penalaran siswa SMA tentang gerak melingkar dalam konteks yang berbeda berdasarkan jenis kelamin. Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dengan cara pemberian tes essay, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Palu dengan teknik pengambilan responden menggunakan purposive sampling sebanyak 6 (enam) orang dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan analisis data dari kerangka kerja Greeno. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa konsepsi siswa SMA tentang gerak melingkar dalam konteks berbeda masih tergolong tidak paham konsep dan masih mengalami miskonsepsi serta tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Alur penalaran siswa dengan jenis kelamin laki-laki lebih kompleks yang memuat semua kerangka kerja Greeno dibandingkan siswa perempuan yang lebih ke langkah analisis. Alur penalaran siswa tidak berpengaruh pada konsepsi yang dimiliki siswa. Kata Kunci: konsepsi, alur penalaran, kerangka kerja Greeno |