JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP IPA TERPADU TYPE CONNECTED TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP |
Nama: CITRA DEWI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Citra Dewi, 2024. Penenerapan Model Problem BAsed Learning (PBL) Pada Konsep Hidrostatika Dalam IPA Terpadu Type Connected Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama. Dr. H. Amiruddin Hatibe, M.Si, Pembimbing Anggota Dr. I Komang Werdhiana, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada konsep hidrostatika dalam IPA terpadu tipe connected antara siswa yang menggunakan model pembelajaran problem-based learning dan siswa yang tidak menggunakan model problem-based learning. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menentukan efektifitas penerapan model pembelajaran problem-based learning pada konsep hidrostatika dalam IPA terpadu type connected terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimental). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model problem-based learning dan kelas kontrol yang menggunakan model discovery learning. Pengambilan data menggunakan tes instrument keterampilan berpikir tingkat tiggi. Instrument penelitian berupa tes essai sebanyak 6 soal. Hasil analisis uji t pada posttest menunjukkan nilai t-hitung sebesar 1,352 dengan nilai signifikansi 0,183, dan uji N-Gain menghasilkan t-hitung sebesar 0,849 dengan nilai signifikansi 0,400. Nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05 menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan dalam rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi antara kedua kelompok. Meskipun demikian, model PBL terbukti lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, dengan perolehan N-Gain sebesar 66% (kategori efektif) untuk kelas eksperimen dibandingkan 63% (kategori cukup efektif) untuk kelas kontrol. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOST), Siswa MTs. |