Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMODEL PROJECT BASED LEARNING OLEH GURU BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERKOMUNIKASI SAINS PADA SISWA SMA NEGERI DI KOTA POSO
Nama: MELKY ALFIAN
Tahun: 2023
Abstrak
Melky Alfian, A 202 20 003. “Model Project Based Learning oleh Guru Biologi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Berkomunikasi Sains Pada Siswa SMA Negeri di Kota Poso’’. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing Astija, Anggota Tim Pembimbing Lilies N Tangge. Model Project Based Learning telah banyak dipelajari dan diterapkan di sekolah-sekolah, akan tetapi model pembelajaran di SMA Negeri yang berada di Kota Poso masih belum ada data yang mengungkapkan dampak model pembelajaran ini terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berkomunikasi sains. Karena itu, penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan Model Project Based Learning oleh guru biologi dalam mendorong siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berkomunikasi sains pada siswa SMA Negeri di Kota Poso. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang terdiri dari 48 orang siswa perwakilan dari masing-masing sekolah, yaitu pada SMA Negeri 1 Poso, SMA Negeri 2 Poso, dan SMA Negeri 3 Poso, serta 12 orang guru sehingga jumlah keseluruhan responden adalah 60 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa gambaran Model Project Based Learning yang telah diterapkan guru dalam proses pembelajaran pada SMA Negeri di Kota Poso seperti guru mendorong siswa untuk mencari dan membuat keputusan kerangka kerja suatu produk, diajarkan mendesain proses untuk menentukan solusi permasalahan, serta proses evaluasi produk yang dihasilkan siswa, akan tetapi hasil penelitian memiliki perbedaan tanggapan siswa berkategori sedang 66,6%, dan tanggapan guru berkategori tinggi 70,8%. Upaya guru dalam mendorong kemampuan berpikir kreatif siswa adalah dengan mendorong mencetuskan ide, gagasan, dan solusi permasalahan, serta mampu menghasilkan produk, dari hal upaya tersebut berada pada kategori sedang yaitu hasil tanggapan siswa 64,5?n hasil tanggapan guru 68%, upaya guru dalam mendorong kemampuan berkomunikasi sains adalah mendorong siswa untuk dapat mengklasifikasikan data hasil pengamatan, mendorong mengembangkan kemampuan komunikasi seperti kemampuan mempresentasikan hasil produk kepada orang lain, dal hal upaya guru dalam mendorong kemampuan berkomunikasi sains siswa berada pada kategori sedang yaitu tanggapan siswa 55,9?n hasil tanggapan guru 62,6%. Selain itu ditemukan juga kendala siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dalam upaya guru mendorong siswa berpikir kreatif, dan berkomunikasi sains. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Berpikir Kreatif, Komunikasi Sains.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up