Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KETERAMPILAN KOGNITIFBERBASISRESPON INTUITIF SISWA DALAMKONTEKSTUMBUKAN DUA BENDA
Nama: MAHFUD JANUDDIN
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Mahfud Januddin, A 202 20 001: Analisis Keterampilan Kognitif Berbasis Respon Intuitif Siswa dalam Konteks Tumbukan Dua Benda. Pembimbing Utama Darsikin dan Pembimbing Anggota Supriyatman Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan kognitif dan respon intuitif siswa dalam konteks tumbukan dua benda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan penelitian mendalam dan komprehensif untuk memahami dan menjelaskan fenomena dalam konteks alamiah tentang keterampilan kognitif berbasis respon intuitif siswa dalam konteks tumbukan dua benda. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sigi tepatnya penelitian dilakukan di kelas XI A pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Analisis data penelitian dilakukan selama dan setelah pengumpulan data menggunakan model Model Miles and Huberman yang meliputi: data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa respons intuitif siswa berinteraksi dengan setiap tingkat keterampilan kognitif dalam konteks tumbukan pada level: (1) C1 (Mengingat): intuisi dapat membantu mengingat rumus, tetapi juga dapat menyebabkan kesalahan jika rumus diterapkan tanpa pemahaman yang benar; (2) C2 (Memahami): intuisi dapat menghambat pemahaman jika bertentangan dengan prinsip-prinsip ini. (3) C3 (Menerapkan): intuisi dapat membantu memilih rumus yang tepat, tetapi juga dapat menyebabkan kesalahan jika asumsi yang mendasarinya tidak dipenuhi; (4) C4 (Menganalisis): intuisi dapat membantu mempercepat proses analisis, tetapi juga dapat menyebabkan bias jika hanya fokus pada aspek-aspek yang sesuai dengan intuisi awal; (5) C5 (Mengevaluasi): intuisi dapat membantu menilai apakah jawaban "masuk akal", tetapi perlu diuji dengan bukti dan logika; dan (6) C6 (Mencipta): intuisi dapat menginspirasi ide-ide kreatif, tetapi perlu diimbangi dengan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip fisika. Kata Kunci: Keterampilan Kognitif, Respon Intuitif, Tumbukan Dua Benda

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up