Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PEMBELAJARAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GAYA DAN GERAK DI KELAS IV SD NEGERI 4 PARIGI
Nama: SURAHMAN RUDIN
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan pembelajaran STEM pada materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 4 Parigi, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran STEM pada materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 4 Parigi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Parigi yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari perempuan 12 siswa dan laki-laki 13 siswa. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan STEM dengan model cycle 5E. Hasil yang diperoleh dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SD Negeri 4 Parigi melalui penerapan pendekatan STEM, untuk prasiklus presentasi ketuntasan sebesar 16%, pada siklus I presentasi ketuntasan sebesar 52% selanjutnya pada siklus II persentase ketuntasan mengalami peningkatan signifikan sebesar 88%

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up