Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES 1 INTI BANTAYA
Nama: MUHAMMAD RINALDI
Tahun: 2022
Abstrak
Discovery learning merupakan cara belajar penemuan, siswa diarahkan untuk menemukan pengetahuan sendiri terkait dengan materi yang dipelajari sehingga belajar menjadi lebih bermakna. Untuk mengoptimalkan kebermaknaan kegiatan pembelajaran tersebut maka diperlukan suatu media visual yang mampu mengantarkan siswa kepada kompetensi pengetahuan siswa dalam menanggapi gejala-gejala alam yang terjadi di sekelilingnya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan media visual di kelas V SD Inpres 1 Inti Bantaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres 1 Inti Bantaya, Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong. Subyek penelitian sebanyak 30 orang siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Data yang diperoleh dari penelitian berupa data hasil keaktifan siswa dan kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor siswa serta aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotor, dengan ketuntasan belajar klasikal dari 56,6 % pada siklus 1 meningkat menjadi 90% pada siklus 2 dan juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu terjadi peningkatan aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 66,66 % menjadi 91,6 % pada siklus 2. Dengan demikian model pembelajaran discovery learning berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siwa maupun guru di kelas V SD Inpres 1 Inti Bantaya. Kata Kunci: discovery learning, media visual, hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up