JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DI SD NEGERI 4 PARIGI |
Nama: AHDIN AMIR |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ahdin Amir, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA di SD Negeri 4 Parigi. Penelitian Tesis Program Studi Pendidikan Sains Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako Palu. Pembimbing Utama: Mursito S. Bialangi, Pembing Pendamping Hj. Masrianih. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Parigi yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan laki-laki 12 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil yang diperoleh melalui angket siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan II yaitu dari 58,62% kategori sedang menjadi 84,75?ngan kategori tinggi. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis dengan menggunakan tes hasil belajar secara klasikal pada siklus I dan II yaitu dari 56% menjadi 92?ngan kategori cukup menjadi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Kata Kunci: Problem Based Learning, Motivasi dan Hasil Belajar |