JudulKemampuan Siswa Kelas VIII Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Berdasarkan Multi Representasi Di MTS Alkhairat Buluri. |
Nama: NI LUH PARWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Ni Luh Parwati, 2021. Kemampuan Siswa kelas VIII dalam Memecahkan Masalah pada Materi Sistem peredaran Darah Manusia Berdasarkan Multi representasi di MTS Alkhairat Buluri. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pasca Sarjana, Universitas Tadulako, Pembimbing Utama: Amiruddin Kasim, pembimbing anggota : Mohammad Jamhari Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah pada materi sistem peredaran darah manusia berdasarkan multi representasi di MTS Alkhairat Buluri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa MTS Alkhirat Buluri kelas VII yang telah melewati mata pelajaran sistem peredaran darah pada manusia yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa persentase kemampuan pemecahan masalah responden berdasarkan multi representasi adalah bervariasi. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada representasi gambar mencapai rerata 70% sehinga masuk dalam kategori baik, hasil ini merupakan hasil tertinggi yang dapat diperoleh oleh keseluruhan siswa dibandingkan dengan representasi lainya. Rerata representasi tabel yang diperoleh siswa mencapai 69% sehingga masuk dalam kategori baik sedangkan rerata representasi terendah yaitu representasi verbal sebesar 67% masih masuk dalam kategori baik. Dari ketiga representasi yang digunakan dalam penelitian ini semua masuk dalam kategori baik, hanya saja jumlah skor rerata yang berbeda. Kata kunci : pemecahan masalah, multi representasi |