Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PESERTA DIDIK SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA BENTUK REPRESENTASI GAMBAR
Nama: MERRY ROSALIN HANDAYANI, S.PD
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Merry Rosalin Handayani, 2021. “Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Fisika Bentuk Representasi Gambar”. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing Marungkil Pasaribu, Anggota Tim Pembimbing I Komang Werdhiana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMP dalam menyelesaikan soal fisika bentuk representasi gambar yang terdiri atas kemampuan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas IX tahun ajaran 2020/2021 dari tiga SMP yang ada di Lore Kabupaten Poso. Responden untuk diwawancarai dalam penelitian berjumlah empat orang untuk setiap butir soal, dengan kriteria peserta didik yang menjawab benar, peserta didik yang menjawab sebagian benar, peserta didik yang menjawab salah, dan yang tidak menjawab. Instrumen yang digunakan sebagai alat ukur untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMP pada penelitian ini berupa lembar tes keterampilan berpikir tingkat tinggi dan lembar pedoman wawancara. Soal tes berjumlah 6 butir soal esai yang terdiri dari 2 butir soal kategori menganalisis (C4), 2 butir soal kategori mengevaluasi (C5), dan 2 butir soal kategori mencipta (C6). Hasil penelitian menunjukkan, kemampuan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6) peserta didik berada pada kategori kurang dengan penyelesaian masalah berdasarkan sajian gambar pada tahap memahami masalah berada pada kategori cukup, tahap merencanakan penyelesaian berada pada kategori kurang, tahap melaksanakan rencana penyelesaian berada pada kategori kurang, dan tahap memeriksa kembali berada pada kategori sangat kurang. Sehingga keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMP dalam menyelesaikan soal fisika bentuk representasi gambar tergolong pada kategori kurang. Kata kunci: Keterampilan berpikir tingkat tinggi, representasi gambar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up