JudulANALISIS GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT DALAM PEMECAHAN MASALAH EKOLOGI HEWAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: Reskywanti |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Reskywanti, 2021. Analisis Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Dalam Pemecahan Masalah Ekologi Hewan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tadulako. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: I Nengah Kundera, Pembimbing Anggota: Gamar Binti Non Shamdas Salah satu dampak dari model pembelajaran Teacher Center Learning (CTL) dalam kelas adalah kreativitas berpikir mahasiswa kurang berkembang dan kemampuan mahasiswa untuk memecahkan masalah menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah Ekologi Hewan pada mahasiswa Pendidikan Biologi berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi semester enam (VI) yang sementara mengikuti mata kuliah Ekologi Hewan yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian adalah Group Embedded Figure Test (GEFT) yang berjumlah 25 butir. Soal pemecahan masalah berbentuk uraian sebanyak 4 nomor dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent pada kategori kurang sebesar 46%, kategori cukup sebesar 23?n kategori baik sebesar 31%. Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dengan gaya kognitif field independent berkategori sangat baik sebesar 100%. Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dengan gaya kognitif field independent lebih baik dibandingkan field dependent. Kata Kunci: Field Dependent, Field Independent, Pemecahan Masalah |