Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PEMBELAJARAN EKSPERIMEN VIRTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE
Nama: WAFILA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Wafila, 2022. Pengaruh Pembelajaran Eksperimen Virtual Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Materi Elastisitass dan Hukum Hooke. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana, Universitass Tadulako. Pembimbing Utama: Amiruddin Hatibe, Pembimbing Anggota: Jusman Mansyur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran eksperimen virtual terhadap pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Palu yang berjumlah 257 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi berjumlah 5 nomor. Pembelajaran eksperimen virtual mempengaruhi pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi siswa. Analisis data menggunakan uji N-Gain untuk melihat peningkatan rata-rata pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi siswa kelas eksperimen pada kategori sedang dan kelas kontrol pada kategori rendah. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan one way ANOVA menggunakan software statistik pada taraf signifikansi 0,05 dengan asumsi data berdistribusi normal. Tolak hipotesis H0 dengan kesimpulan bahwa ada pengaruh pembelajaran eksperimen virtual terhadap pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Kata Kunci: Eksperimen Virtual, Pemahaman Konsep, Keterampilan Komunikasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up