JudulPENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BOYAOGE |
Nama: SURAHMIN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Surahmin, 2022. Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Boyaoge. Program Studi Pendidikan Sains Program Magister Pasca Sarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama : Kasmudin Mustapa ; dan Pembimbing Anggota : Sutrisnawati Surahmin, 2022. Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Boyaoge. Program Studi Pendidikan Sains Program Magister Pasca Sarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama : Kasmudin Mustapa ; dan Pembimbing Anggota : Sutrisnawati Motivasi dan keterampilan proses sain siswa SD Inpres Boyaoge masih rendah yang ditandai siswa kurang berminat dan cenderung ragu-ragu ketika menjawab pertanyaan siswa, padahal kedua faktor tersebut berpengaruh pada prestasi belajar, sehingga penting untuk memaksimalkan motivasi belajar dan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains dan motivasi keterampilan belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran brain based learning. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi terdiri dari semua siswa SD Inpres Boyaoge dan sampel siswa kelas 5a dan 5b. Instrumen keterampilan proses sains menggunakan tes lembar kegiatan siswa dan motivasi menggunakan angket. Data kemudian dianalisis menggunakan uji Manwhitney. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap keterampilan proses sains siswa dengan rata-rata pada kelas BBL lebih besar yaitu 94.48?gitupun pada motivasi belajar siswa dengan rata-rata 90%, hasil ini bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi pada siswa. Kata Kunci : Brain Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Motivasi Belajar |