Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Strategi Problem-Based Learning & Reading Questioning Answering Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Genetika
Nama: ISHARYADI HASAN
Tahun: 2023
Abstrak
Keterampilan metakognitif dan berpikir tingkat tinggi yang rendah menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi mata kuliah genetika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas strategi PBLRQA, PBL, dan RQA terhadap keterampilan metakognitif dan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent control group pretest-posttest. Jumlah sampel sebanyak 118 mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tadulako yang terdiri dari empat kelas diperoleh menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas dosen dan mahasiswa, tes keterampilan metakognitif dalam bentuk esai, dan tes keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam bentuk pilihan ganda. Data aktivitas dosen dan mahasiswa dianalisis berdasarkan persentase indikator sintaks yang berkategori tinggi dan sangat tinggi. Data keterampilan metakognitif dan berpikir tingkat tinggi dianalisis menggunakan uji Normalized Gain dan Independent Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi PBLRQA, PBL, dan RQA tidak efektif untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Menindaklanjuti temuan ini, diperlukan kajian tentang faktor-faktor yang berpengaruh simultan terhadap keterampilan metakognitif dan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up