Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KONSEP FLUIDA STATIS DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA
Nama: MUTMAINNA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Mutmainna, 2021. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Konsep Fluida Statis Ditinjau Dari Metakognisi Siswa”. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing Amiruddin Hatibe, Anggota Tim Pembimbing Supriyatman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi atau lebih dikenal dengan istilah deskriptif kualitatif. Tujuan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah konsep fluida statis ditinjau dari metakognisi siswa.Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Lab School UNTAD Palu kelas XI MiA 3 yang telah mempelajari materi fluida statis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, pertama memberikan tes kemampuan pemecahan masalah konsep fluida statis sebanyak 4 nomor dalam bentuk essay test, kedua memberikan angket metakognisi kepada siswa sebanyak 6 pernyataan dan ketiga mewawancarai. Responden dalam penelitian ini yaitu berjumlah 6 responden yang masuk dalam kategori nilai sangat baik, baik dan cukup untuk dianalisis dan diproses lebih lanjut. Hasil analisis data menunjukan bahwa siswa yang memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan sangat baik memiliki keterampilan metakognisi yang sangat tinggi, responden dengan kategori kemampuan pemecahan masalah dengan baik memiliki keterampilan metakognisi tinggi dan responden dengan kemampuan pemecahan masalah yang cukup memiliki keterampilan metakognisi yang rendah. Siswa yang memiliki keterampilan metakognisi yang sangat tinggi mendiskripsikan jawaban lebih detail dan sistematis, siswa yang memiliki keterampilan tinggi mendeskripsikan jawaban kurang detail dengan kurang memiliki starategi dalam memecahkan masalah dan siswa yang memiliki keterampilan cukup mendeskripsikan jawaban tidak sistematis, banyak keragu-raguan dengan ditandai dengan adanya coretan-coretan tiap jawaban dan kurang memahami masalah dalam mengaitkan informasi yang dimiliki. Kata kunci: Pemecahan masalah, Konsep Fluida Statis, Metakognisi Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up