JudulKINERJA GURU BIOLOGI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE KOTA PALU |
Nama: NASMAWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nasmawati, 2021. Kinerja guru biologi dalam Implementasi Kurikulum 2013 SMA Negeri se Kota Palu.Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing: Andi Tanra Tellu dan Mursito Bialangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kinerja guru biologi dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri se Kota Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru biologi yang berjumlah 42 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang implementasi Kurikulum 2013 terdiri dari 20 butir pernyataan, angket kinerja guru biologi terdiri dari 44 butir pernyataan dan wawancara responden. Hasil penelitian di SMA Negeri se Kota Palu menunjukkan kinerja guru biologi mata pelajaran biologi dalam merencanakan, melaksanakan, dan evaluasi sudah sesuai dengan penerapan Kurikulum 2013. Kinerja guru mata pelajaran biologi dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri se Kota Palu berada pada kategori sangat baik, baik dan cukup baik. Faktor pendukung kinerja guru biologi di SMA Negeri se Kota Palu yaitu kemampuan guru biologi yang memadai, kebijakan pemerintah masa Covid-19, bantuan kuota internet gratis oleh pemerintah, peran kepala sekolah yang baik, sarana dan prasarana, lingkungan sekolah yang kondusif, orang tua atau masyarakat, koordinasi dan kerjasama semua pihak. Sedangkan faktor penghambat kinerja guru biologi dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah dampak Covid-19 terhadap proses pembelajaran, sebagian guru biologi kurang mampu dalam penggunaan TIK, siswa kurang memahami materi yang diberikan, koneksi internet yang tidak semua lancar dan bencana gempa bumi. Kata kunci: Kinerja Guru, Biologi, Implementasi Kurikulum 2013. |