JudulEFEKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA PRAKTIKUM DARING MENGGUNAKAN SIMULASI PhET (Physic Education And Tecnology) DI MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: NURJANNAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Nurjannah, 2022. Efektivitas Dan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Praktikum Daring Menggunakan Simulasi PhET (Physic Education and Tecnology) Di Masa Pandemic Covid-19. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascaserjana Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Unggul Wahyono, (II) Supriatman. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas praktikum daring dengan simulasi PhET (Physic Education and Tecnology) dalam kegiatan praktikum dan mendeskrpsikan proses Pemahaman konsep mahasiswa melalui praktikum daring dengan simulasi PhET. Metode yang digunakan dalam penelititan ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi atau lebih dikenal dengan istilah deskriptif kualitatif. Dimana metode deskriptif kualitatif merupakan bagian dari penelitian kualitatif. Responden yang diguakan berjumlah 22 orang mahasiswa. Teknik pengambilan data melalui tes soal, angket dan wawancara. Hasil penelitian dari 22 orang responden berdasarkan indikator Efektivitas yaitu kualitas pembelajaran (73%), tingkat pembelajaran yang tepat (56%), intensif (62%) dan waktu (63%). Hasil berdasarkan indikator pemahaman konsep yaitu ekstrapolasi (52,14%), translasi (99,18%) dan interpretasi (72,73%). Kata Kunci: Efektivitas praktikum Daring, Pemahaman Konsep Mahasiswa, Simulasi PhET |