JudulPENGARUH PEMBELAJARAN BERBANTUAN VIDEO ALAT SAINS SEDERHANA DAN VIDEO PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI MTS NEGERI 2 KOTA PALU |
Nama: LISNA DEWI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Lisna Dewi, 2021. “Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Video Alat Sains Sederhana Dan video Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Di MTs Negeri 2 Kota Palu”. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing I Komang Werdhiana , Anggota Tim Pembimbing Sahrul Saehana. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran berbantuan video alat sains sederhana dan video PhET terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas IX pada MTs Negeri 2 Kota Palu.Untuk kelas IXB (kelas kontrol) sejumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Untuk kelas IXE (kelas eksperimen) sejumlah 30 peserta didik yang terdiri 10 laki-laki dan 20 perempuan.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah RPP, tes kemampuan awal (pre-test), tes kemampuan akhir (post-test), video, dan LKPD. Hasil penelitian ini menjelaskan terdapat pengaruh pembelajaran berbantuan video alat sains sederhana dan video PhET terhadap hasil belajar fisika di Mts Negeri 2 Kota Palu. Ditunjukkan dengan hasil analisis inferensial diperoleh dengan menggunakan pengujian hipotesis Mann-Whitney U-Test dengan hasil asym.sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Kata kunci: Video, Alat Sains sederhana, PhET, Hasil |