Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKONSISTENSI DAN EFEKTIVITAS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KAB. SIGI TERHADAP KONSEP DINAMIKA MENGGUNAKAN FORCE CONCEPTUAL INVENTORY (FCI)
Nama: NENI TRIANA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Neni Triana, 2021. Konsistensi dan Efektivitas Pemahaman Konsep Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Kab. Sigi Terhadap Pemahaman Konsep Dinamika dengan Menggunakan FCI. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Darsikin, Pembimbing Anggota: Sahrul Saehana. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis konsistensi dan efektivitas pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA yang telah mempelajari materi dinamika partikel sebanyak 42 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep dinamika partikel berupa tes pilihan ganda bernalar sebanyak 23 angka dan angket keefektifan pemahaman konsep siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik memiliki tingkat konsistensi dan keefektifan dalam menjawab soal. Karena pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab secara detail dan sistematis. Siswa dengan kemampuan pemahaman konseptual yang cukup memiliki tingkat keefektifan yang rendah dan jawaban pertanyaan tidak dijawab secara rinci, tidak sistematis. Hal ini ditandai dengan coretan masing-masing jawaban, pemahaman masalah. Kata Kunci : Konsistensi & Efektivitas Pemahaman Konsep, Penilaian FCI

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up