JudulANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU FISIKA MAN DI KOTA PALU PADA MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: DEDI PRASOJO |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Fisika MAN di Kota Palu pada Masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah guru fisika kelas X MAN di kota Palu berjumlah 6 responden. Instrumen dikembangkan dari penelitian terdahulu yang memiliki validitas dan reliabilitas tinggi. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Analisis data menggunakan uji Analyze Descriptive Statistics. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komponen TPACK: Pedagogical Knowledge (PK) sebesar 79,83; Content Knowledge (CK) sebesar 68,83; Technological Knowledge (TK) sebesar 70,00; Pedagogical Content Knowledge (PCK) sebesar 80,56; Technological Content Knowledge (TCK) sebesar 92,50; Technological Pedagogical Knowledge (TPK) sebesar 94,83; dan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) sebesar 79,17. Dengan rincian PK pada kategori baik, CK pada kategori baik, TK pada kategori baik, PCK pada kategori baik, TCK pada kategori sangat baik, TPK pada kategori sangat baik, dan TPACK pada kategori baik. Ini menunjukkan bahwa guru fisika di MAN di kota Palu memiliki kemampuan teknologi yang kuat dan dapat memadukan teknologi dengan pengajaran dan konten secara efektif. Kata Kunci : TPACK, Guru Fisika, Covid-19 |