JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION MELALUI HANDS ON ACTIVITY DAN E LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI POSO |
Nama: Andi Salahuddin |
Tahun: 2023 |
Abstrak Andi Salahuddin, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Melalui Hands On Activity dan E-Learning Pada Pembelajaran Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Poso. Program Studi Pendidikan Sains Program Magister Pasca Sarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Utama : Mohammad Jamhari ; dan Pembimbing Anggota : Astija Sebagai sebuah lembaga pendidikan, SMA Negeri Poso memiliki peran, harapan dan tujuan yang dalam memajukan dan mengembangkan bangsa saat ini. Namun kondisi saat ini, sekolah di poso masih belum mampu memenuhi tujuan dan harapan tersebut karena salah satunya ialah masih rendahnya hasil belajar biologi dalam dua tahun terakhir yaitu <80%, persentase tersebut masih jauh dari target pencapaian hasil belajar yang ditargetkan kurikulum yang ada di SMA Negeri Poso. Hal tersebut disebabkan penggunaan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa kurang aktif selain pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa belum dilakukan sehingga proses pembelajaran dan hasil belajar belum maksimal. Berdasarkan fakta tersebut maka salah satu penyelesaian untuk meningkatkan hasil belajar biologi adalah dengan mengembangkan suatu model pembelajaran yang akan melibatkan peserta didik secara aktif dengan memperhatikan gaya belajarnya. Sehingga tujuan pembelajaran mencapai sasaran dengan baik seperti tercantum dalam kurikulum, dengan mengusahakan penggunaan model pembelajaran yang sesuai melalui model pembelajaran melalui hands on activity dan group investigation melalui e-learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang didesain dengan rancangan acak lengkap (RAL) pola factorial. Perlakuan pada percobaan ini adalah kombinasi dua factor yakni factor model pembelajaran yang terdiri dari model pembelajaran group invstigation melalui hands on activity dan model pembelajaran group investigation melalui e-learning dan faktor gaya belajar terdiri atas audiotorial, visual dan kinestetik. Hasil penelitian menujukkan berbeda signifikan kombinasi model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar (Sig<0.05) dengan kombinasi paling efektif pada model pembelajaran group investigation melaui hands on activity dengan gaya belajar visual memiliki rata-rata hasil belajar tertinggi yaitu 86.72. Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Hands On Activity, E-Learning, Gaya Belajar dan Hasil Belajar |